Menu

Admin Admin Author
Title: Plataran Dharmawangsa, Saat Santap Jadi Sempurna
Author: Admin
Rating 5 of 5 Des:
PAKAR NUSANTARA , JAKARTA - Rumah joglo itu berdiri megah tepat di depan mata saat kami memasuki gerbang utamanya. Tak disangka karena d...

Artikel Terkait Makan-makan

Ingin Punya Toko Online Sendiri? Daftar Sekarang | Lihat Demo

Dapatkan potongan Rp350.000 menginap di AirBnB : 3 Cara Mudah Booking Kamar di AirBnB | Voucher Diskon AirBnB
PAKAR NUSANTARA, JAKARTA - Rumah joglo itu berdiri megah tepat di depan mata saat kami memasuki gerbang utamanya. Tak disangka karena dari luar area ini tertutup tetumbuhan hijau yang sangat rindang. Berada di sini rasanya sejuk bak oase di tengah belantara beton pencakar langit Jakarta. Inilah ciri khas Plataran Dharmawangsa Jakarta yang dapat menjadi tempat sempurna untuk menikmati berbagai macam menu nusantara. 

Teks Ristiyono
Memasuki ruang utama rumah joglo ini begitu mengesankan karena struktur bangunan utama rumah ini dari kayu jati yang diukir indah dan konon sudah berusia sekitar 150 tahun. Meja kursi kayu dengan taplak putih bersih menambah kesan tradisional namun elegan dan mewah. Siang itu kami memilih meja yang berada di sudut ruangan. Sesaat kemudian seorang waitress menghampiri sambil memberikan daftar menu. Kami memutuskan untuk memilih Brinjal Chips sebagai menu pembuka. Menu utamanya adalah Bebek Manggis Curry, Gurame Telor Asin, dan Orak-Arik Ayam Pare. Es Tiga Warna sebagai menu penutup. 

Sambil menunggu pesanan, sebagai komplimen dihidangkan kudapan berupa beberapa macam keripik renyah yang salah satunya dari ubi ungu. Menariknya, keripik ubi ini dimakan dengan sambal honje yang nikmat dan dalam sekejap ludes. Untungnya, tak perlu menunggu lama hidangan yang kami pesan tiba. Pertama, Brinjal Chips, menu ini berupa irisan tipis terong yang digoreng tepung dengan sentuhan rasa sedikit pedas dan ditaburi abon ayam. Renyah diluar, lembut di dalam dengan rasa pedas gurih benar-benar membangkitkan selera. 

Menu berikutnya yang sebenarnya membuat saya penasaran adalah Bebek Manggis Curry. Kalau buah nanas dicampurkan ke dalam masakan itu lumrah, tapi bagaimana dengan buah manggis? Rasa penasaran saya terjawab saat suapan pertama mendarat dimulut. Karakter bebek panggang yang tebal rasa gurih dan santan kental kuah kari diseimbangkan dengan rasa manis asam buah manggis. Sempurna! Seluruh titik perasa di lidah benarbenar mendapat porsinya. Selesai dengan Bebek Manggis Curry sasaran berikutnya adalah Gurame Telor Asin dan Orak-Arik Ayam Pare. Kembali saya menemukan tekstur renyah dan lembut di gurame ini. Pada menu ini, telor asin tidak mendominasi rasa bahkan daging lembut gurame ini disempurnakan citarasanya dengan daun kari dan irisan cabai rawit merah. Untuk menu pare, terlihat benar-benar sederhana layaknya makanan rumahan. Namun, kembali disempurnakan dengan ditambahkan tauge, telor ayam, dan bunga bawang sehingga rasa pahit pare tidak menonjol. 

Disela-sela santap siang itu saya beruntung bisa bertemu dengan Food and Beverage Director Plataran Permana Sigidprawiro. Bisa dibilang, Permana inilah tokoh dibalik segala kesempurnaan yang dapat ditemukan di Plataran. Baik itu makanan dan minumannya maupun pengaturan tempatnya. “Di Plataran ini kami mencoba menyempurnakan citarasa setiap masakan yang kami hidangkan dengan mempertimbangkan keseimbangan rasa. Semua titik rasa di lidah harus mendapat sentuhan rasa yang seimbang,” jelasnya. Pantas saja, semua menu yang kami nikmati benar-benar sempurna. Dan acara santap siang itu kami pungkasi secara sempurna dengan menyeruput Es Tiga Warna yang segar.

Plataran Dharmawangsa
Jl. Dharmawangsa Raya No.6
Kebayoran Baru
Jakarta 12160 
T: +62 21 722 1740
F: +62 21 723 6858
Terima kasih telah membaca artikel Plataran Dharmawangsa, Saat Santap Jadi Sempurna
Link ke artikel ini: https://pakarnusantara.blogspot.com/2015/08/plataran-dharmawangsa-saat-santap-jadi-sempurna.html
Jangan lupa untuk membagikan artikel Plataran Dharmawangsa, Saat Santap Jadi Sempurna ini jika bermanfaat bagi Sobat.

Ingin pasang artikel atau beriklan? kunjungi halaman ini Pasang Iklan

About Author

Tips & Trik

loading...

Post a Comment Blogger

  1. hallo semuanya tunggu apalagi cepat gabung bareng kami di Donacopoker, lagi ada promo Spesial Kemerdekaan & Asian Games 2018 Bonus 2x Chips dalam sehari
    Tunggu apalagi ayo segera kunjungi di www.Donacopoker.net PELUANG USAHA TANPA MODAL POKER ONLINE
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +85515875229

    ReplyDelete

 
Top